Tuesday, February 14, 2017

Selamat Hari Kasih Sayang, Em





Untuk Em di atas sana, semoga tidak sunyi. 


Selamat malam, hei, aku menulis surat ini hampir pagi di hari kasih sayang seluruh dunia. Aku habis menulis untuk kekasih, meneleponnya, berbincang sedikit tentang kamu, dan karena tidak bisa tidur, kemudian berujung dengan menulis surat untuk kamu.

Em, awalnya, kekasih aku yang bilang di whatsapp bahwa besok itu (yang adalah hari ini) setiap orang yang mengikuti Pos Cinta tahun ini, harus menulis surat buat kamu. Kupikir, ya haruslah, wong kamu salah satu penemunya. Aku teringat lagi tujuh tahun yang lalu ketika kita banyak berdiskusi tentang surat cinta jauh-jauh hari sebelum Pos Cinta ada. Kamu dengan ide-ide segar seperti baru habis mandi. Kamu selalu begitu, Em, menginspirasi banyak orang.

Ketika menulis ini, aku membayangkan satu kata yang tepat buat kamu, tak ada yang lain, selain: penyayang. Kamu itu orang paling penyayang di muka bumi. Aku ingat di beberapa kesempatan, kamu banyak sekali membantu aku. Dari mulai meminjamkan uang, memberikan beberapa pekerjaan, mengenalkan dengan orang-orang, dan menjadi teman curhat yang murah hati!

Terakhir kali curhat ya, waktu aku ke Jakarta, Desember tahun 2015. Kita sempat duduk di sebuah kedai kopi, minum kopi dan makan nasi goreng. Waktu itu aku cerita tentang beberapa keputusan yang akan aku ambil di depan. Sebagai sahabat yang baik, malam itu kalau tidak salah ingat kamu bilang, "jalani apapun yang bikin lo bahagia!"

Tak lama dari situ, aku memang bikin keputusan paling penting di dalam hidupku, untuk bahagia bersama kekasih aku yang sekarang, Em. Sayang sekali kamu belum sempat kenalan langsung ya sama dia. Kekasih aku orangnya penyayang juga kok, Em. Kamu pasti suka sama dia. 

Rencana ke Banda belum terwujud ya, Em? Waktu itu jadinya ke Saparua, dan itu berarti lagi, semalam kamu dan Rara akhirnya menginap di rumah aku di Ambon. Waktu ke Ambon, aku paling ingat, kamu ngobrol banyak sama Mama di rumah. Lalu waktu Mama meninggal, kamu kirim pesan buat aku: "mamamu orang baik, The. Beliau pasti dapat tempat yang baik juga di sana."

Malam ini sebelum aku selesai menulis, aku mau titip pesan: jangan lupa buka perpustakaan di sana dan kalau ketemu mama, sampaikan sun sayang paling rindu dari aku.

Selamat hari kasih sayang, Em. Terima kasih sudah mau jadi orang paling penyayang seumur hidup, Em.

sayang selalu,

theo

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Sebuah Catatan Tidak Kreatif Tentang Cara-Cara Tidak Kreatif Untuk Mencintai

Cara-cara Tidak Kreatif Untuk Mencintai, adalah sebuah buku yang sedang kamu tunggu. Ia lahir sebentar lagi, tepat di 16 A...